TPOLITIKT
Penguasa Kerajaan Samudera Pasai
terdiri atas dua Dinasti, antara lain sebagai berikut.
vDinasti Meurah Khairv
Pendiri dan Raja pertama
Kerajaan Samudera Pasai adalah Meurah Khair. Ia bergelar Maharaja Mahmud Syah
dari tahun 1042-1078 M. Pengganti Meurah Khair adalah Maharaja Mansyur Syah
yang berkuasa dari tahun 1078-1133 M. Pengganti Maharaja Mansyur Syah adalah
Maharaja Giyasuddin Syah, ia berkuasa di tahun 1133-1155 M. Raja Kerajaan
Samudera Pasai berikutnya adalah Meurah Noe yang bergelar Maharaja Tengku
Samudera atau Sultan Nazimuddin al-Kamil. Sultan ini sebenarnya berasal dari
Mesir yang ditugaskan sebagai Laksamana untuk merebut Pelabuhan di Gujarat.
Raja ini tidak memiliki keturunan sehingga pada saat dia wafat, Kerajaan
Samudera Pasai dilanda kekacauan karena perebutan kekuasaan.
vDinasti Meurah Siluv
Meurah Silu bergelar Sultan
Malikal-Saleh dari tahun 1285-1297 M. Meurah Silu adalah keturunan Raja Perlak
(sekarang Malaysia) yang mendirikan dinasti kedua di Kerjaan Samudera Pasai.
Pada masa pemerintahanya, system pemerintahan kerajan dan angkatan perang laut
serta darat sudah terstruktur rapi. Kerajaan mengalami kemakmuran terutama
setelah Pelabuhan Pasai dibuka. Hubungan Kerajaan Samudera Pasai dan Perlak
berjalan Harmonis. Meurah Silu memperkukuh hubungan ini dengan menikahi Putri
Ganggang Sari, anak Raja Perlak. Meurah silu berhasil memperkuat pengaruh
Kerajaan Samudera Pasai di pantai timur Aceh dan berkembang menjadi kerjaan
perdagangan yang kuat di Selat Malaka.
Raja-Raja yang memerintah di Kerajaan
Samudera Pasai adalah sebagai berikut
No
|
NAMA RAJA
|
TAHUN
|
1
|
Sultan
Malik al-Saleh
|
1285-1297 M
|
2
|
Sultan
Muhammad Malik Zahir
|
1297-1326 M
|
3
|
Sultan
Mahmud Malik Zahir
|
1326-1345 M
|
4
|
Sultan
Mansur Malik Zahir
|
1345-1346 M
|
5
|
Sultan
Ahmad Malik Zahir
|
1346-1383 M
|
6
|
Sultan
Zainal Abidin
|
1383-1403 M
|
Pada masa Raja Sultan Zainal Abidin
kekuasaan kerajaan meliputi daerah Kedah di Semenanjung Malaka, butinya
terdapat pada sebuah batu nisan di Menyetujuh Pasai, Kedah. Sultan Zainal
Abidin sangat aktif menyebarkan pengaruh Islam ke Pulau Jawa dan Sulawesi dengan
mengirim ahli-ahli dakwa seperti Maulana Malik Ibrahim dan Maulana Ishak.
TEKONOMIT
Kehidupan
perekonomian Samudera Pasai didasarkan pada perdagangan nasional dan
internasional. Letak kerajaan yang sangat strategis di Selat Malaka yang
menyebabkan Pelabuhan Samudera Pasai ramai dikunjungi pedagang. Pada
perkembanganya, Kerajaan Samudera Pasai bahkan menyaingi Kerajaan Sriwijaya
yang saat itu mengalami kemunduran.
Bukti
kemakmuran Kerajaan Samudera Pasai adalah adanya cerita dari Tome Pires, seorang
pelancong Portugis. Pires menyatakan bahwa pada saat itu di Samudera Pasai
terdapat mata uang drama (dirham) yang bentuknya kecil. Ia juga menyataan bahwa
setiap kapal yang membawa barang dari barat dikenai pajak 6%.
THUKUMT
Perkembangan Kerajaan Samudera Pasai
sebagai kerajaan Islam yang besar ditunjang dengan diberlakukanya hokum atau
syariah Islam dalam ehidupan bermasyarakat dan bernegara. Kehidupan masyarakat
selain bernafaskan Islam juga memperlihatkan kemiripan dengan perkembangan
masyarakat Timur Tengah yang berdagan di Samudera Pasai dengan menularkan cara
hidup khas Timur Tengah.
TKEBUDAYAANT
Kerajaan Samudera Pasai
merupakan kerajan pertama beranut Agama Islam di Indonesia menurut catatan
Dinasti Yuan. Kebudayaan masyarakat Kerajaan Samudera Pasai diatur menurut
aturan-aturan dan hukum-hukum islam. Dalam pelaksanaanya banyak terdapat
persaman dengan kehidupan sosial masyarakat di Negeri Arab dan Mesir.
Kemungkinan berkembangnya pengaruh-pengaruh dari Negeri Arab dan Mesir di
Kerajaan Samudera Pasai deisebabkan karena pendiri Kerajaan Samudera Pasai yang
merupakan seorang Lasamana dari Mesir yaitu Nazimuddin al-Kamil. Pada saat itu
kerajaan Samudera Pasai menganut aliran Mazhab Syafi’I, dimana pengaruh mahzab
Syafi’I terbesar pada waktu itu adalah Mesir dan Mekah.
Sistem kehidupan sosial
masyarakat Kerajaan Samudera Pasai banyak memiliki kesamaan dengan penduduk
Arab dan mesir seperti contohnya penggunaan gelar al-Malik dan pemberlakuan
hukum Islam yang ketat sehingga mendapat julukan Serambi Mekah. Sebagai
kerajaan bercorak maritim, di bekas Kerajaan Samudera Pasai tidak banyak
ditemukan peninggalan budaya. Walaupun
ada penemuan benda kebudayan dari jaman Kerajaan Samudera Pasai, tidak
sepenuhnya merupakan hasil karya aslinya, misalnya penemuan batu nisan atau
jirat Raja Putri Pasai yang didatangkan dari Kambayat. Selain penemuan dari
makam-makam Raja Samudera Pasai yaitu makam Raja Malik al-Saleh yang bergelar
Sultan yang bercorak khas Gujarat, tidak pernah terdengar perkembangan seni budaya
dari masyarakat.
KERAJAAN DEMAK
TPOLITIKT
Berdirinya
Kerajaan Demak dilatar belakangi oleh melemahnya pemerintah Kerajaan Majapahit
atas daerah-daerah pesisir utara jawa. Daerah-daerah pesisir seperti Tuban dan
Cirebon sudah mendapat pengaruh Islam. Dukungan daerah perdagangan yang kuat
ini sangat berpenngaruh pada pendirian Demak sebagai erajaan Islam yang merdeka
dari Majapahit.
vRaja Pertama Kerajaan Demak
adalah Raden Patah, ia memerintah tahun 1500-1518 M. Pada masa pemerintahanya,
agama Islam mengalami perkembangan pesat. Hal ini dimungkinkan karena gencarnya
kegiatan dakwa yang dilakukan oleh para wali dan bantuan dari daerah-daerah
pesisir pantai Tuban dan Cirebon. Raden Patah bergelar Seno Pati Jimbun
Ngabdurrahman Panembahan Palembang Sayidin Panatagama. Pengangkatan Raden Patah
sebagai Raja Demak dipimpin langsung oleh Sunan Ampel Denta dan didukung oleh
anggota wali lainya. Pada masa Raden Patah wilayah Kerajaan Demak meliputi
daerah Jepara, Tuban, Sedayu, Palembang, Jambi, dan beberapa daerah Kalimantan.
vRaja kedua yaitu anak dari
Raden Patah yaitu Pati Unus. Pati Unus memerintah dari tahun 1528-1521 M. Pati
Unus meninggal karena usahanya untuk menyerang Portugis dari kerajaan Malaka
yang menyebabkan putusnya jalur perdagangan nasional. Kemudian setelah Pati
Unus meninggal digantikan oleh saudaranya Sultan Trenggono
vRaja ketiga Sultan
Trenggono yang merupakan saudara Pati Unus, yang dilantik menjadi Raja Demak
oleh Sultan Gunung Jati. Ia memerintah Kerjaan Demak dengan gelar Sultan Ahmad
Abdul Arrifin.Sultan Trenggoro berusaha untuk memperluas wilayah kerajaan
dengan mengirimkan Fatahillah dan berhasil menguasai Banten dan Pajajaran.
Sultan Trenggono juga berusaha memperluas wilayah dengan menguasai Pasuruan
pada tahun 1546 M, namun ia gugur sebelum menguasai Pasuruan dan Blambangan.
vKerjaan mengalami emunduran
setelah wafatnya Sultan Trenggono karena terjadinya perebutan kekuasan oleh
Sunan Prawoto dan Arya Panangsang. Arya Panangsang sebagai Bupati Jipang merasa
lebih berhak untu menjadi Raja Demak. Dan terjadi konflik berdarah dan
terbunuhnya Sunan Prawoto. Namun usaha Arya Panangsan menjadi Raja Demak
terhalang oleh Joko Tingkir, menantu Sultan Trenggono. Jaa Tingkir mendapat
dukungan dari Tetua Demak yaitu Ki Ageng Pemanahan dan Ki Penjawi. Konflik
berdarah antara Arya Panangsan dan Joko Tingkir berkembang menjadi Perang
saudara. Dalam pertempuran itu, Arya Panangsang terbunuh sehingga tahta
kerajaan berada di tangan Joko Tingkir.
vSetelah terjadi Perang
saudara Joko Tingkir menjadi Raja Demak dan mendapat gelar Sultan Hadiwijaya.
Ia kemudian memindah pusat Kerajaan Demak ke daerah Pajang.Sehingga dirubah
dari Kerajaan Demak menjadi Kerajaan Pajang namun banyak yang masih bercorak
kerajaan Demak pada Kerajaan Pajang Sebagai tanda terimakasih Sultan Hadiwijaya
kepada Ki Ageng Pamanahan yang telah mendukungnya. Ia memberikan sebuah daerah
Perdikan yang disebut Mataram. Selama masa pemerintahanya Sultan Hadiwijaya
memperluas kerajaan dengan menguasai Blora, Kediri dan Madiun. Sultan Hadiwiyata
wafat di tahun 1587 M.
vRaja kelima bukanlah anak
dari Sultan Hadiwiyata namun Pangeran Benawa anak dari Sulatan Prawoto, Aria
Pangiri. Pangeran Benawa sendiri diangkat menjadi Raja di daerah Jipang,
pangeran kurang puas dengan keputusan ini. Apalagi pemerintahan Aria Panggiri
berada di Pajang tepatnya di sekeliling para pejabat bekas Kerajaan Demak.
Kemudian ia meminta bantuan Sutawijaya, putra Ki Ageng Mataram untuk merebut
kembalai tahta kerajaan Pajang. Pada tahun 1588 M, Pengeran Benawa berhasil
merebut kembali tahta Kerajaan Pajang. Benawa kemudian menyerahkkan hak
kekuasaanya pada Sutawijaya secara simbolis melalui penyerahan pusaka Pajang.
TEKONOMIT
Kerajaan
Demak membangun basis perekonomianya dari pertanian yang menghasilkan bahan pangan
pokok seperti beras. Basis perekonomian ini terus berembang setelah Kerajaan
Demak memperluas wilayahnya dengan menaklukkan banyak pelabuhan penting di
pantai utara Jawa seperti Jepara, Tuban, Sedayu dan Gresik. Dengan menguasai
pelabuhan-pelabuhan ini Kerajaan Demak memulai peranya sebagai pelabuhan
penghubung. Jalur perdaganan pun terbentuk, dengan poros pelabuhan
Malaka-Makasar. Setelah Malaka dikuasai pertugis, arus jalur perdaganan yang
selama ini ramai melewati Dema menjadi sepi, karena pelayaran harus mnyusuri
pantai barat Sumatera. Usaha Demak untuk merebut Malaka pada tahun 1511 M
mengalami kegagalan.
TKEBUDAYAANT
Pengaruh
budaya dan Agama Islam tersebar luas di Kerajaan Demak berkat bantuan para
wali. Para wali sangat aktif menyebarkan pengaruh Islam tidak hanya di Pulau
Jawa tetapi juga di daerah lain. Salah satu peninggalan Kerajaan Demak adalah
Masjid Agung Demak yang salah satu tiang utamnya terbuat dari pecahan-pecahan
kayu dan disebut Soko Tatal. Selain itu, tradisi Kerajaan Demak yang masih
berkembang hingga saat ini khususnya di Surakarta, Yogyakarta dan Cirebon
adalah sekaten. Tradisi ini diciptakan oleh Sunan Kalijaga untuk menarik
sebanyak mungkin masyarakat Demak agar memeluk Agama Islam
saya mengucapkan banyak terima kasih kepada aki sUkrO yang telah menolong saya dalam kesulitan,ini tidak pernah terfikirkan dari benak saya kalau nomor yang saya pasang bisa tembus dan ALHAMDULILLAH kini saya sekeluarga sudah bisa melunasi semua hutang2 kami,sebenarnya saya bukan penggemar togel tapi apa boleh buat kondisi yang tidak memunkinkan dan akhirnya saya minta tolong sama aki sUkrO dan dengan senang hati aki sUkrO mau membantu saya..,ALHAMDULIL LAH nomor yang dikasi aki sUkrO semuanya bener2 terbukti tembus dan baru kali ini saya menemukan dukun yang jujur,jangan anda takut untuk menhubungiya jika anda ingin mendapatkan nomor yang betul2 tembus seperti saya,silahkan hubungi aki sUkrO DI =081 242 333 760 ingat kesempat tidak akan datang untuk yang kedua kalinya dan perlu anda ketahui kalau banyak dukun yang tercantum dalam internet,itu jangan dipercaya kalau bukan nama aki sUkrO
BalasHapusapakah anda termasuk yang tercantung di bawah ini.?
1. Di Lilit Hutang
2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togei
4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasiikan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa…!!!
Anda sudah berada Di blog yang sangat tepat anda bisa rubah nasib disini dengan angka riutal 2D=3D=4D
Kami akan membantu anda semua dengan Angka 2D 3D atau 4D hAsil Ritual Kami
Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja 300rb Dengan
cara kirim pulsa 300 ribu di no:081 242 333 760
kami hanya membantu anda semua dengan Angka ritual Kami..Kami dengan bantuan Supranatural Bisa menghasilkan Angka Ritual Yang Sangat Mengagumkan…Bisa Menerawang Angka Yang Bakal Keluar Untuk Toto Singapore Maupun Hongkong…Kami bekerja tiada henti Untuk Bisa menembus Angka yang bakal Keluar..dengan Jaminan 100% gol / Tembus…!!!! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Otimis Anda bisa Menang…!!!
Jika anda Membutuhkan Angka Ghoib Hasil Ritual aki sUkrO 2D,3D,4D di jamin Tembus 100% terimakasih
Ada beberapa cara dalam meningkatkan kualitas blog agar lebih SEO dan memperbanyak visitor disini. Selain itu, blog juga bisa dimanfaatkan sebagai ladang usaha yang menghasilkan uang dengan cara bekerja sama dengan google adsense.
BalasHapusBaca tipsnya disini:
www.faronesia.com
www.faronesia.com
www.faronesia.com